Sari Kurma sebagai Makanan Sehat Ibu Hamil

Saturday, April 26th 2014. | Makanan Ibu Hamil
Advertisement

Sari Kurma sebagai Makanan Sehat Ibu Hamil - Kurma merupakan tanaman palma dalam genus Phoenix. Pohon kurma diyakini berasal dari teluk persia dan dibudidayakan sejak awal 4000 SM. Kurma telah menjadi makanan pokok di Timur Tengah, yang selanjutnya orang Arab menyebarluaskan kurma di Asia, Afrika, Spanyol, dan Italia.

kurma

Sari kurma adalah ekstrak dari buah kurma yang memiliki gizi lengkap. Nutrisi yang dimiliki kurma antara lain mengandung karbohidrat, fiber, kalsium, kalium, vitamin B kompleks, magnesium dan zat besi. Selain memerlukan suplemen yang lebih, wanita hamil memerlukan lebih banyak kalori yaitu sekitar 300-400 kalori dibanding wanita yang tidak hamil. Apabila wanita hamil mengkonsumsi sari kurma sejak bulan pertama kehamilan sampai pasca melahirkan dan menyusui, dapat memberikan dampak positif bagi ibu dan bayi.

Manfaat sari kurma bagi ibu hamil antara lain :

  1. Kalsium bermanfaat membantu pertumbuhan gigi dan fetus (janin), dan memperkuat katahanan tulang bagi ibu hamil. Setiap 100 gram kurma mengandung sekitar 64 mg atau 6,5% dari kebutuhan harian normal.
  2. Zat besi membatu dalam memproduksi hemoglobin dan sel darah merah sehingga mencegah anemia serta dapat memperlancar peredaran darah. Setiap 100 gram kurma mengandung sekitar 0,9 mg atau 11% dari kebutuhan normal.
  3. Serat dan fiber dapat mencegah komplikasi kehamilan seperti wasir dan sembelit, hal ini bisa membersihkan kotoran yang menempel pada usus shingga proses melahirkan akan mudah. Setiap 100 gram kurma mengandung 6,4% – 11,5 % kebutuhan serat harian
  4. Protein membantu menjaga pertumbuhan janin karena protein merupakan pembentuk utama sel manusia. setiap 100 gram kurma mengandung 2,3% – 5,6 5 kebutuhan protein harian.
  5. Potassium dapat menstabulkan kandungan elektrolit dalam darah. setiap 100 gram kurma mengandung 696 mg atau 16% kebutuhan asupan harian.
  6. Hormon potuchin bermanfaat sebagai pengikat rahim dengan otot rahim yang dapat memperkecil resiko peredaran darah pasca melahirkan.
  7. Hormon oksitosin berfungsi untuk memicu kontraksi otot rahim sehingga proses melahirkan lancar dan dapat memicu kelenjar air susu untuk memproduksi asi.
  8. Glikosa dan fruktosa dapat membantu memberi energi ekstra baik saat melahirkan ataupun pasca melahirkan
  9. Asam folat untuk kecerdasan otak janin
  10. Menambah nafsu makan

Gambar Sari Kurma

pohon kurma

pohon kurma

pohon kurma berbuah

pohon kurma berbuah

gambar kurma

gambar kurma

 

sari kurma

sari kurma

sari kurma sahara

sari kurma sahara

sari kurma aljazira

sari kurma aljazira

Demikian pembahasan kita kali ini, bagi ibu hamil mungkin bisa juga dibaca referensi lain seperti manfaat yoghurt yang telah kami bahas sebelumnya. Terima kasih atas kunjungannya ke artikel kami mengenai Sari Kurma sebagai Makanan Sehat Ibu Hamil.

Advertisement
tags: , , , , , , ,