Manfaat Terong

Sunday, November 23rd 2014. | Manfaat Buah, Manfaat Sayuran
Advertisement

Manfaat Terong

Manfaat Terong - ragam bentuk terong

Beberapa Ragam Bentuk Terong

Terong (solanum melongena) tanaman asli srilanka yang tumbuh subur di Indonesia, merupakan salah satu jenis sayuran yang memiliki banyak kandungan nutrisi yang menguntungkan. Bukan merupakan sayuran dengan kandungan nutrisi yang tinggi, namun bermanfaat bagi sistem tubuh manusia. Kita mungkin sudah sering mengkonsumsi sayuran ini tanpa mengetahui besarnya khasiat sayuran terong tersebut.

Buah ini diklasifikasikan sebagai berry dan mengandung banyak biji kecil yang lunak dan bisa dimakan, tetapi bila dimakan mentah memiliki rasa pahit karena mengandung alkaloid nicotin. Banyak resep menyarankan penggaraman, pembilasan dan pengeringan irisan buah (dikenal sebagai “degorging“), untuk melunakkan dan mengurangi jumlah lemak diserap selama memasak, tetapi terutama untuk menghilangkan rasa pahit tersebut.

Secara gizi, terong rendah lemak, protein, dan karbohidrat. Juga berisi vitamin dan mineral penting dalam jumlah yang relatif rendah . Buah terong mentah berukuran sedang, biasanya mengandung 20 kalori, 0,8 gram protein, 4,82 gram karbohidrat, 0,15 gram lemak dan 2,5 gram serat makanan. Banyak manfaat gizi yang diperoleh dengan mengkonsumsi terong, diperoleh dari kulitnya, sehingga disarankan untuk menyertakan kulit terong dalam pengolahan untuk dikonsumsi. Kulit terung penuh serat, kalium, magnesium dan antioksidan.

Beberapa manfaat yang dapat kita peroleh dengan mengkonsumsi terong, antara lain :

1. Terong mengandung nutrisi fito penting (phytonutrient) yang salah satunya dinamakan nasunin. Nasunin, dalam riset pada hewan, diketahui melindungi lipid (lemak) dalam membran sel otak.

2. Bagi yang mempunyai masalah pencernaan, terong menyediakan serat dalam jumlah besar, yang melindungi saluran pencernaan. Bahkan, asupan rutin terong dapat melindungi anda dari kanker usus besar.

3. Terong memiliki kalori rendah, tidak mengandung lemak yang membahayakan kesehatan manusia dan juga mengandung kadar serat tinggi, dapat membantu Anda merasa kenyang. Sangat ideal sebagai makanan sehat bagi yang ingin mengurangi berat badan.

4. Selama berabad-abad terong telah digunakan untuk mengendalikan dan mengelola diabetes. Penelitian modern memvalidasi peran ini, berkat serat tinggi dan kandungan karbohidrat larut rendah dari terong.

5. Selain itu kandungan terung memiliki peranan dalam perawatan jantung. Tapi anda harus memasak terung dengan cara yang tepat untuk mendapatkan manfaat yang optimal. Hindari menggoreng terung karena akan mengandung banyak lemak yang masuk tubuh anda. Sebaiknya panggang di 400 derajat untuk mendapat kesehatan yang optimal.

Manfaat Terong - Terong Panggang

Masakan Terong Panggang

6. Dalam sebuah penelitian, ketika hewan laboratorium dengan kolesterol tinggi diberi jus terong, kolesterol pada darah, pada dinding arteri dan dalam aorta mereka berkurang secara signifikan.

7. Manfaat terung selanjutnya adalah dapat membantu mencegah pembekuan darah, kandungan Vitamin K dan bioflavonoid, yang dapat memperkuat kapiler di dalam tubuh.

8. Kandungan yang baik dari terung adalah kandungan fitonutrien yang dapat menjaga membran sel sehingga dapat mencegah kerusakan dari transfer pesan yang terjadi di otak. Hal ini dapat membantu untuk menjaga fungsi memori.

9. Terong merupakan sumber yang kaya senyawa fenolik yang berfungsi sebagai antioksidan. Yang lebih menguntungkan, senyawa fenolik dominan yang ditemukan dalam terong adalah asam klorogenat, salah satu pemulung radikal bebas paling ampuh yang ditemukan dalam jaringan tanaman. Manfaat terkait asam klorogenat termasuk antimutagenik (anti-kanker), antimikroba, anti-LDL (kolesterol jahat) dan aktivitas antivirus.

10. Sifat anti bakteri. Terong memiliki jumlah vitamin C yang baik membuat sumber anti virus dan anti bakteri yang efektif.

Satu hal lagi yang mungkin perlu diketahui, bahwa nasunin, senyawa fitokimia yang ditemukan dalam terong, pada dasarnya mengikat zat besi dan menghapusnya dari sel. Ini mungkin bermanfaat dalam kasus kelebihan zat besi dalam tubuh, namun mengkonsumsi sejumlah besar makanan yang mengandung nasunin, seperti terong, tidak dianjurkan bagi mereka dengan zat besi rendah.

Demikian paparan singkat mengenai berbagai manfaat terong, silakan temukan penjelasan berbagai hal yang bermanfaat, hanya di manfaat bagus, terimakasih.

Advertisement
tags: , , ,