Manfaat Susu Kedelai untuk Ibu Hamil

Saturday, February 15th 2014. | Makanan Ibu Hamil, Manfaat Susu
Advertisement

Manfaat susu kedelai untuk ibu hamil cukuplah banyak karena banyaknya kandungan dalam susu kedelai, sehingga ini bisa dijadikan salah satu pilihan. Apalagi jika ibu hamil yang satu ini memiliki permasalahan dengan alergi laktose, sebuah kandungan dalam susu hewan. Sehingga jika memiliki alergi memang harus ekstra pintar dalam memilih makanan ibu hamil yang secara kandungan nutrisi bisa diandalkan.

manfaat susu kedelai

Susu kedelai adalah semacam minuman yang dibuat dari kacang kedelai kuning. Jadi sebenar minuman ini bukanlah produk susu yang dihasilkan dari manusia ataupun hewan. Hanya karena warna dan rasanya mendekati dengan susu maka akhirnya banyak disebut dengan susu kedelai. Adapun awal dari pembuatan susu kedelai ini sendiri sudah dari sekitar tahun 100 M. Pada saat itu di Tiongkok yang pertama kalinya dikembangkan untuk menyembuhkan beberapa penyakit.

Kandungan dan Manfaat Susu Kedelai

Adapun kandungan susu kedelai mirip dengan susu yang berasal dari hewan yakni, protein sebesar 3,5 %, lemak sebesar 2 %, dan karbohidrat sebesar 2,9 %. Adapun protein sendiri masih terdiri dari banyak jenis protein seperti arginin, lesitin, lisin, glisin dan lain sebagainya. Demikian banyaknya sehingga memiliki  banyak manfaat, khususnya bagi ibu hamil. Selain itu susu kedelai memiliki kandungan asam folat dan beberapa vitamin.

Adapun untuk manfaat susu kedelai diantaranya adalah :

1. Baik untuk pertumbuhan Janin

Kandungan protein yang banyak diatas maka bisa membantu perkembangan janin, memperkuat sistem imun, baik dalam pembentukan jaringan dan baik juga dalam menjaga kondisi sang ibu.

2. Cadangan lemak bagi ibu hamil

Susu kedelai memiliki kandungan lemak, sehingga lemak ini bisa diserap sang ibu sebagai cadangan lemaknya.

3. Pertumbuhan sel saraf janin

Manfaat susu kedelai yang ini dikarenakan adanya asam folat di dalamnya, dan asam folat memang memiliki fungsi untuk merangsang pertumbuhan sel saraf pada janin terutama pada tiga bulan yang pertama.

4. Sebagai sumber energi

Sebagaimana kita bahas dalam kandungan susu kedelai di atas, bahwa salah satu kandungannya adalah karbohidrat. Jadi ini menjadi salah satu sumber energi, atau kalau dianalogikan memiliki fungsi juga seperti nasi.

5. Sebagai sumber vitamin

Dalam kedelai mengandung beberapa vitamin yang mana setiap vitamin akan memiliki manfaat sesuai jenis vitaminnya. Susu kedelai mengandung vitamin A yang nanti baik untuk mata, Ada juga vitamin B, B1, dan E yang nanti secara bersama bisa membatu pertumbuhan tulang janin, sumber energi maupun misa meminimalkan terjadinya keguguran.

Manfaat susu ini ternyata cukup baik terlebih lagi bagi ibu hamil, karenanya ini bisa dijadikan salah satu referensi dalam pemilihan makanan untuk ibu hamil. Demikian saja pembahasan kali ini semoga bermanfaat dan terima kasih telah mengujungi artikel kami tentang manfaat susu kedelai untuk ibu hamil.

Advertisement
tags: , , , ,