Manfaat Madu Untuk Ibu Hamil Muda

Tuesday, March 3rd 2015. | Makanan Ibu Hamil
Advertisement

Berikut ulasan manfaat madu untuk ibu hamil muda. Mengkonsumsi madu akan memberi manfaat lebih untuk siapa saja. Madu adalah cairan alami yang dihasilkan  oleh lebah yang berasal dari sari-sari bunga tumbuhan. Kandungan nutrisi yang baik dengan rasa yang manis membuat siapa saja menyukai madu. Tahukah Anda bahwa rasa manis tersebut berasal dari air liur lebah? Oleh karena itu madu sangat baik dikonsumsi oleh siapa saja, tua, muda, wanita, laki-laki, balita bahkan ibu hamil sekalipun.

images (20)

Jangan terlalu risau dengan mitos yang mengatakan madu tidak baik untuk ibu hamil, karena manfaat madu untuk ibu hamil sangatlah banyak. Apalagi jika mendengar bahwa mengkonsumsi madu dapat menyebabkan keguguran bagi ibu hamil muda. Faktanya madu sangat aman untuk kaum ibu hamil muda. Kandungan asam folat di dalam madu bahkan sangat baik untuk perkembangan janin, terutama pada masa awal kehamilan.

Kandungan gizi yang kaya pada madu memiliki zat-zat yang diperlukan oleh janin dalam masa awal kehamilan. Anda bisa mendapatkan manfaat dari asam amino, zat gula glukosa dan fruktosa, vitamin, riboflavin, thiamin, asam pantotenat, niasin, asam askorbat, piridoksin yang terdapat pada madu. Madu juga memiliki kandungan mineral seperti kalsium, kalium, magnesium, natrium, phosphor, zat besi, sulfut, dan mangan. Selain itu, madu juga dilengkapi dengan keunggulan lain yaitu kandungan antibiotik yang terdapat dalam tiap tetesnya. Sekilas mengenai manfaat madu untuk ibu hamil, itulah kenapa madu menjadi salah satu sumber energi yang sangat dianjurkan bagi ibu hamil, apalagi pada periode awal kehamilan.

Manfaat Madu Untuk Ibu Hamil Muda

manfaat madu untuk ibu hamil muda

Manfaat madu untuk ibu hamil sangatlah banyak. Asam folat merupakan nutrisi penting yang sangat dibutuhkan janin untuk perkembangan sel syaraf di masa awal kehamilan. Sehingga dengan melengkapi kebutuhan janin akan asam folat dapat membantu pertumbuhan janin agar terhindar dari resiko cacat bawaan pembuluh syaraf. Oleh karena itu mengkonsumsi madu sejak awal kehamilan dapat semakin menguatkan janin. Selain bermanfaat baik untuk janin, madu juga memberi manfaat lebih untuk ibu hamil. Berikut beberapa manfaat madu untuk ibu hamil muda.

Mengurangi Rasa Mual

Pada trimester pertama ibu hamil sering dijumpai mengalami mual-mual. Meski demikian Anda tidak perlu khawatir apabila hal ini terjadi pada Anda. Karena ini adalah gejala yang lumrah terjadi pada ibu hamil muda. Namun, beberapa diantara mereka juga dapat mengalami mual yang berlebih sehingga membuat suasana tidak nyaman. Oleh karena itu mengkonsumsi madu dapat menjadi alternatif untuk mengatasi hal tersebut. Anda dapat mengkonsumsi secara langsung, maupun dengan dicampur dengan air putih ataupun roti.

Mengurangi Rasa Panas Dalam Perut

Keluhan rasa panas atau heartburn sering kali dialami oleh ibu hamil pada awal kehamilan. Penyebabnya adalah karena sphincter yang letaknya diantara kerongkongan dan lambung melunak, akibat hormon yang dilepaskan pada masa kehamilan. Dengan mengkonsumsi madu dicampur dengan susu, maka asam lambung dapat menjadi netral.

Membuat perlindungan keracunan pada janin

Biasanya ibu hamil akan mengalami gejala tidak nafsu makan, hal ini jelas kurang baik bagi perkembangan janin. Tidak hanya itu, terlalu banyak makan juga tetap berimbas kurang baik. Mengapa demikian? Hal ini dikarenakan makanan maupun minuman yang dikonsumsi ibu hamil, terkadang tidak sesuai dengan kebutuhannya. Oleh karena itu, perhatikan apakah makanan dan minuman yang dikonsumsi ibu hamil ini memiliki kandungan zat-zat yang berbahaya bagi janin atau tidak? Apapun makanan dan minuman yang akan Anda konsumsi, Anda dapat mencegah atau melindungi janin Anda dari keracunan dengan mengkonsumsi madu secara rutin.

Menambah nafsu makan

Kebanyakan ibu hamil, pada awal kehamilannya akan mengalami kurang nafsu makan. Hal ini memang umum terjadi, tetapi bukan berarti Anda harus membiarkannya begitu saja. Hal ini dapat beresiko pada janin yang Anda kandung. Nah, dengan minum madu secara teratur dapat membantu mangatasi kekhawatiran Anda.

Menambah kekebalan tubuh

Perhatikan dengan baik kondisi dan situasi yang dialami oleh ibu hamil. Apapun perasaan yang dilewatinya, pastikan ibu hamil selalu dapat merasa bahagia dan bisa menjaga kondisinya dengan baik. Perasaan sedih ditambah kesehatan yang menurun dapat berpengaruh buruk pada perkembangan janin. Sehingga selain membuat perasaan senang, ibu hamil juga harus selalu menginkatkana stamina dan kekebalan tubuhnya. Manfaat madu untuk ibu hamil dapat diperoleh dengan jalan mengkonsumsi madu secara rutin. Sehingga stamina selalu terjaga terutama pada saat dibutuhkan ketika masa persalinan dan masa menyusui.

Mempermudah sistem kelahiran

Kandungan madu yang sangat penting ada pada zat prostagelandine, di mana zat ini bisa mempercepat kontraksi pada rahim serta membuat leher rahim melebar. Jadi tunggu apalagi, masih percaya pada mitos madu itu buruk bagi ibu hamil? Dapatkan manfaatnya sekarang juga, karena Anda tidak akan mendapatkan manfaat madu untuk ibu hamil tanpa mengkonsumsinya.

Advertisement
tags: