Manfaat Lidah Buaya

Thursday, November 20th 2014. | Manfaat Lidah Buaya
Advertisement

Manfaat lidah buaya (aloe vera) bagi manusia, utamanya terkategori pada tiga hal, kosmetik, laksatif (pencahar), dan beberapa pengobatan tradisional. Penggunaan tanaman lidah buaya oleh manusia, dapat dilacak dan dijumpai pada ukiran batu berusia 6000 tahun, dari masa awal kebudayaan Mesir, di mana mereka menjuluki tanaman tersebut sebagai tanaman keabadian.

Lidah buaya dikenal mengandung beberapa senyawa biologis aktif, seperti: mannans asetat, polymannans, anthraquinone, berbagai lektin dan zat saponin. Senyawa anthraquinone yang terdapat pada lidah buaya merupakan zat yang dapat menangkal bakteri, dan juga memiliki efek laksatif.

Manfaat Lidah Buaya di Bidang Kosmetik

Istilah kosmetik di sini, bukan dalam artian riasan wajah, namun dalam definisi sebagai suatu hal (produk ataupun treatment) untuk mengembalikan atau memperbaiki penampilan seseorang. Lebih fokus lagi, adalah manfaat lidah buaya untuk kecantikan kulit, rambut serta pemulihan bekas luka ringan.
Beberapa pemanfaatan lidah buaya di bidang kosmetik, antara lain :

  1. Menghilangkan jerawat
  2. Menghilangkan flek hitam pada kulit akibat bekas jerawat atau pengaruh produk rias wajah (kosmetik).
  3. Perawatan rambut (memacu pertumbuhan rambut, mencegah ketombe, dan sebagai pelembab rambut).
  4. Merawat kesehatan bulu mata dan menyuburkan alis.
  5. Perawatan kulit, menguatkan dan menyehatkan kulit.
  6. Mengobati dan memulihkan luka ringan pada kulit, meliputi luka gores, luka bakar (tingkat 1 dan tingkat 2), serta sunburn.

Manfaat Lidah Buaya sebagai bahan laksatif (pencahar)

Sebetulnya ini merupakan faktor negatif dalam penggunaan lidah buaya secara oral, karena getah pada bagian dalam kulit daun lidah buaya (biasa disebut sebagai aloe latex), mengandung bahan yang dinamakan anthraquinone. Konsumsi bahan ini, cenderung akan menyebabkan diare, yang biasanya merupakan tujuan konsumsi obat pencahar. Penggunaan sebaiknya seperlunya saja, tidak berlebihan.

Secara umum konsumsi oral yang aman adalah konsumsi bagian gel dari daun tanaman lidah buaya, dengan tidak menyertakan bagian bergetah yang mengandung bahan laksatif, kecuali jika yang dibutuhkan justru manfaat pencaharnya, tentu saja.

Manfaat Lidah Buaya dalam Pengobatan Tradisional

  1. Menurunkan level gula darah, biasanya dikonsumsi penderita diabetes.
  2. Mengobati wasir.
  3. Melancarkan pencernaan.
  4. Meredakan rasa sakit pada luka lecet, luka bakar, sunburn, dan mengurangi lebam.

Gambar Lidah Buaya

Manfaat Lidah Buaya - Tanaman Lidah Buaya

Tanaman Lidah Buaya

Manfaat Lidah Buaya - Getah Lidah Buaya

Getah Lidah Buaya

Manfaat Lidah Buaya - gel lidah buaya

Gel Lidah Buaya

Demikian paparan singkat mengenai berbagai manfaat lidah buaya, silakan temukan penjelasan berbagai hal yang bermanfaat, hanya di manfaat bagus, terimakasih.

Advertisement
tags: , , , ,