Pemanfaatan Lidah Buaya pada Bidang Kecantikan

Sunday, November 23rd 2014. | Manfaat Lidah Buaya
Advertisement

Pemanfaatan tanaman lidah buaya, pada dasarnya menyediakan 2 kategori produk utama. Yaitu resin aloe, yang merupakan residu padat sebagai hasil penguapan aloe latex (getah yang berada pada kulit sebelah dalam daun), dan gel aloe, material serupa agar-agar (gel) yang diperoleh dari jaringan sebelah dalam dari daun lidah buaya.

Manfaat Lidah Buaya - Gel Lidah Buaya

Gel Lidah Buaya

Gel lidah buaya, adalah produk tanaman lidah buaya yang paling sering digunakan pada industri kosmetik dan makanan kesehatan. Biasanya kandungan glikosida antrakuinon, yang bersifat laksatif, dihindari pada pemanfaatan gel lidah buaya ini dengan cara konsumsi oral. Gel lidah buaya mengandung glukomanan polisakarida, yang diyakini memberikan kontribusi besar untuk efek emolien (melembutkan kulit).  Lidah buaya juga mengandung bradykininase, yang mengurangi rasa sakit, pembengkakan serta kemerahan. Magnesium laktat dapat memberikan kontribusi pada efek antipruritus yang dimiliki lidah buaya, dengan menghalangi produksi histamin. Kandungan antrakuinon pada getah lidah buaya memang bersifat laksatif, namun juga dimanfaatkan dalam beberapa kasus penyakit kulit, contohnya psoriasis.

Berikut ini kami sertakan beberapa cara pemanfaatan tanaman lidah buaya di bidang kecantikan.

1. Penyubur rambut

Belah beberapa daun segar. Ambil bagian dalam yang serupa agar-agar, gosokkan ke kulit kepala sesudah mandi sore, kemudian dibungkus dengan kain, keesokan pagi harinya rambut dicuci. Dipakai setiap hari selama 3 bulan untuk mencapai hasil yang memuaskan.

2. Luka bakar dan tersiram air panas

Daun lidah buaya segar dicuci bersih, ambil bagian dalamnya, tempelkan pada bagian tubuh yang terkena api/air panas.

3. Menyembuhkan Bisul

Daun lidah buaya dilumatkan, ditambah sedikit garam, kemudian tempelkan pada bisul.

4. Menghilangkan Jerawat

Belah daun lidah buaya, lalu ambil getahnya dan oleskan pada bagian wajah yang terkena jerawat, diamkan kurang lebih selama 15-20 menit, kemudian bilas dengan air hangat.

Manfaat Lidah Buaya - Belahan Daun Lidah Buaya

Belahan Daun Lidah Buaya

5. Menghilangkan Flek Hitam

Cuci muka dengan air bersih, kemudian ambil gel lidah buaya, bersihkan dari lendir-lendirnya. Oleskan ke wajah dan biarkan selama 30 menit. Setelah itu bersihkan kembali muka dengan air bersih dan keringkan. Lakukan minimal 2x sehari secara berturut-turut dan rutin.

6. Kesehatan Bulu Mata

Cuci bulu mata anda agar terbebas dari bahan kimia seperti maskara. Lalu ambil gel lidah buaya dan oleskan dengan lembut serta pelan-pelan pada bulu mata, biarkan selama 30 menit lalu cuci dengan air hingga bersih. Lakukan dengan rutin untuk mendapatkan hasil yang sempurna.

7. Menyuburkan Alis

Sebelum tidur, gel lidah buaya dioleskan ke bulu alis mata, lalu keesokan harinya ketika kita sudah bangun dari tidur, cuci hingga bersih. Lakukan cara ini tiap hari untuk mendapatkan hasil yang sempurna.

8. Perawatan Kulit

Ambil sepotong lidah buaya dan sisihkan bagian gel-nya saja. Ingat, ini tidak termasuk cairan lengket (getah) yang menempel pada kulitnya. Lumat gel dan oleskan pada kulit sebelum tidur. Selain jerawat hilang, kulit juga akan menjadi lembut, bersinar dan tidak akan keriput.

9. Pembersih makeup

Langsung ambil gel alami dari daun lidah buaya, maka ia akan membersihkan make-up dengan lembut tanpa meninggalkan iritasi.

10. Melembabkan

Tak perlu bingung mencari pelembab yang alami dan aman untuk kulit sensitif. Anda cukup mencari yang berbahan lidah buaya sehingga kulit menjadi tetap dingin. Ia juga aman untuk kulit sensitif, kulit berjerawat.

Demikian paparan singkat mengenai berbagai manfaat lidah buaya untuk kecantikan, silakan temukan penjelasan berbagai hal yang bermanfaat, hanya di manfaat bagus, terimakasih.

Advertisement
tags: , , ,