Manfaat Kecambah Kacang Hijau (bagian 2)

Saturday, January 3rd 2015. | Manfaat Kacang
Advertisement

Kecambah kacang hijau, seperti sudah kita ketahui sebelumnya, merupakan cara mendapatkan manfaat kacang hijau secara utuh, bahkan kecambah (tauge) menambah kandungan nutrisi dari kacang hijau.

manfaat kecambah kacang hijau

Kecambah dari semua jenis kacang dan biji, sebenarnya sangat tinggi kandungan nutrisi yang mudah dicerna, selain kandungan vitamin dan mineralnya, sehingga dapat dianggap sebagai suplemen makanan alami yang lengkap. Namun kecambah kacang hijau merupakan jenis kecambah yang paling banyak dikonsumsi dan juga paling sering diteliti oleh ahli makanan.

Beberapa manfaat bagus dari kecambah kacang hijau (tauge) bagi kesehatan yang dapat diidentifikasi, antara lain :

      Mengatasi anemia. Kecambah kacang hijau kaya akan zat besi yang penting dalam sintesis hemoglobin, protein yang ditemukan dalam sel-sel darah merah. Kecambah kacang hijau juga mengandung vitamin C, yang meningkatkan penyerapan zat besi dari usus, sehingga membantu mencegah atau mengobati anemia yang disebabkan oleh kekurangan zat besi.

1. Menjaga kesehatan kardiovaskular. hampir sama dengan manfaat kacang hijau, konsumsi kecambah kacang hijau secara teratur dapat membantu mengurangi kadar LDL-kolesterol, karena kandungan serat dan lesitin. Efek ini bermanfaat bagi jantung dan pembuluh darah, karena membantu mencegah perkembangan aterosklerosis, penyebab paling umum dari penyakit kardiovaskular.

2. Mencegah konstipasi. Mengandung serat dalam jumlah yang besar, kecambah kacang hijau dapat membantu meningkatkan motilitas usus dan mengurangi tanda-tanda sembelit.

3. Mencegah kerapuhan rambut dan kuku, yang biasanya disebabkan kekurangan protein,  vitamin dan seng. Kecambah kacang hijau mengandung beberapa nutrisi tadi dalam bentuk yang siap dikonsumsi, dan karenanya sangat membantu dalam mencegah dan mengobati masalah rambut dan kuku.

4. Menjaga kesehatan hati (liver). Kecambah kacang hijau merupakan sumber lesitin, selain menurunkan kadar kolesterol darah, juga membantu mengurangi lemak hati, sehingga mencegah perlemakan hati yang dapat mengakibatkan disfungsi hati.mung bean sprout5. Membantu meredakan beberapa gejala akibat menopause. Kecambah kacang hijau kaya akan phytoestrogen dapat membantu meringankan banyak gejala yang berhubungan dengan menopause (seperti gejala hot flashes dan jantung berdebar-debar), yang timbul dari berkurangnya estrogen. Fitoestrogen pada kecambah kacang hijau juga efektif dalam menangkal osteoporosis yang terkait menopause.

6. Mencegah efek penuaan kulit. Phytoestrogen yang ditemukan dalam tauge kacang hijau berfungsi sebagai reseptor estrogen tertentu yang ditemukan dalam kulit, merangsang sintesis asam hyaluronic, kolagen dan elastin, yang merupakan komponen penting dari struktur kulit. Oleh karena itu, konsumsi secara teratur dapat membantu mencegah banyak perubahan kulit yang berkaitan dengan usia, termasuk elastisitas dan hilangnya kelembaban.

7. Mencegah tanda-tanda gejala stres dan kelelahan. Kandungan energi dan nutrisi lain dalam kecambah kacang hijau, yang tersedia dalam bentuk yang mudah diserap tubuh, membantu memerangi gejala stres mental dan fisik, serta kelelahan.

kecambah kacang ijoJadi, mulailah membiasakan mengkonsumsi tauge untuk memperoleh manfaat kacang hijau yang seutuhnya.

Advertisement
tags: , ,