Manfaat Kecambah Kacang Hijau (bagian 1)

Friday, January 2nd 2015. | Manfaat Kacang
Advertisement

Kita mungkin sudah familiar dengan manfaat kacang hijau dalam bentuk kecambah, yang sering diidentifikasikan mengandung banyak vitamin E yang banyak dikaitkan dengan kesuburan dan kecantikan. Dalam artikel ini akan dicoba menjelaskan lebih jauh mengenai apa saja manfaat kacang hijau dalam bentuk yang paling bagus untuk menyerap nutrisinya, yaitu dalam bentuk kecambah, atau sering disebut sebagai tauge.

Kecambah kacang hijau

Telah kami ulas secara singkat sebelumnya mengenai manfaat kacang hijau, di mana kacang hijau banyak sekali mengandung vitamin A, B, C, E, beberapa mineral penting seperti kalsium, besi, magnesium dan kalium, sejumlah besar serat dan protein. Yang disayangkan adalah beberapa kandungan nutrisi tersebut akan rusak oleh panas pada saat proses pemasakan kacang hijau, sedangkan meng-konsumsi kacang hijau dalam bentuk mentah tidaklah nyaman. Kecambah kacang hijau (tauge) adalah solusi terbaik untuk mengatasi masalah tersebut.

Peng-kecambahan kacang hijau, tidak saja hanya tetap menjaga kandungan nutrisi dari kacang hijau, bahkan justru menambah kandungan nutrisi yang bermanfaat, dan juga lebih memungkinkan untuk meng-konsumsi kecambah kacang hijau (tauge) daripada meng-konsumsinya dalam bentuk biji. Proses ini juga membuat mineral, enzim dan vitamin, menjadi bentuk yang lebih mudah berasimilasi ke dalam tubuh, ditandai dengan bentuk yang lebih mudah dicerna dibanding dengan saat masih berbentuk biji. Tidak seperti sayuran lain yang nilai gizinya semakin turun setelah dipanen, kecambah (tauge) dari biji apapun, justru tetap mempertahankan nutrisinya sampai dikonsumsi.

Tauge kacang hijau

Proses kecambah pada kacang hijau, menambahkan vitamin D dan K, yang tidak terdapat dalam biji kacang hijau. Sehingga tauge mengandung protein, vitamin lengkap (A, B, C, D, E dan K), folat, dan beberapa mineral, yaitu besi, kalium, kalsium, fosfor, magnesium dan seng.

Tauge dari kacang hijau

Cara konsumsi terbaik untuk kecambah kacang hijau adalah dalam bentuk jus mentah, dengan ditambah sayuran hijau lain atau buah untuk memperbaiki rasa. Cara konsumsi dengan cara dimasak sebaiknya tidak terlalu lama (over cooked), tumis saja secara ringan atau dikukus sebentar. Hal tersebut untuk menghindari kerusakan nutrisi yang dikandung kecambah.

Pecel kecambah kacang hijau

Hal lain yang perlu diperhatikan, tauge masih berada dalam proses kecambah yang menghasilkan panas dan lembab, kondisi yang kondusif bagi perkembangan bakteri. Pastikan tauge Anda simpan dalam kulkas, buang tauge yang sudah berbau busuk, atau berwarna hitam dan berlendir. Cuci bersih tauge sebelum dikonsumsi untuk mengurangi kemungkinan kecambah yang Anda konsumsi terkontaminasi oleh bakteri yang merugikan kesehatan tubuh.

Dikarenakan banyaknya bahasan untuk kecambah kacang hijau ini, kami buat tulisan ini menjadi dua bagian. Bagian berikutnya akan lebih fokus membahas apa saja manfaat bagus dari konsumsi kecambah kacang hijau ini. Jadi tetap ikuti artikel kami tentang kecambah, cara terbaik untuk mendapatkan manfaat kacang hijau secara utuh.

Advertisement
tags: , ,