Manfaat kacang Kedelai Terlengkap

Saturday, July 26th 2014. | Manfaat Buah, Manfaat Kacang
Advertisement

Kacang kedelai yang telah banyak dibudidayakan sejak 3500 tahun yang lalu di Asia Timur ini merupakan sumber utama protein nabati dan minyak nabati terbesar di dunia. Kacang kedelai ini menjadi bahan dasar pembuatan tahu dan tempe. Selain tahu dan tempe, akhir-akhir ini kacang kedelai banyak dimanfaatkan untuk berbagai jenis minuman diantaranya yang populer adalah minuman susu kedelai atau lebih dikenal dengan nama sule = susu kedelai. Bahkan para ahli gizi menyarankan untuk mengkonsumsi kacang jenis polong-polongan ini bagi mereka yang menjalankan diet karena nutrisinya dapat menggantikan gizi hewani yang tidak dikonsumsi.

Manfaat Kacang Kedelai

  1. Membantu mencegah timbulnya kanker. Hal ini terjadi karena kedelai mengandung senyawa fitoestrogen dan isoflavon yang berperan aktif mencegah kanker terutama kanker payudara, saluran telur, indung telur dan kanker prostat.
  2. Membantu menurunkan kadar kolesterol. Kandungan asam lemak tak jenuh tunggak dan tak jenuh ganda dapat menghambat pengangkutan kolesterol dalam darah.
  3. Membantu mencegah osteoporosis. Kandungan fitoestrogen dapat mempercepat penyerapan kalsium dan mencegah hilangnya massa tulang.
  4. Membantu mengibati anemia. Hal ini bisa didapat dengan mengkonsumsi tempe yang terbuat dari kacang kedelai karena tempe mengalami fermentasi sehingga meningkatkan aktivitas vutamin B12 yang dapat membentuk sel-sel darah merah dengan baik.
  5. Membantu melancarkan sistem pencernaan. Kandungan serat yang tinggi mampu membantu mengkontraksi otot usus sehingga mencegah sembelit dan zat antibakterinya mampu mencegah diare.
  6. Sebagai anti penuaan dini. Sifatnya sebagai antioksidan apabila dikonsumsi secara teratur dapat membantu mencegah proses penuaan dini.
  7. Dianjurkan untuk penderita diabetes. Kaya akan serat dan mengandung vitamin B kompleks serta asam amino membuat tempe kedelai menjadi sumber protein yang sangat baik bagi penderita diabetes.
  8. Membantu pembentukan tulang dan gigi dengan adanya fosfor dalam kedelai.
  9. Membantu mengatur tekanan darah karena mengandng magnesium.
  10. Sebagai antioksidan alami. Kandungan alfa karoten, alfa tokoteritenol, alfa tekoferol, beta tokotrinol dan komponen penting lainnya dapat mencegah tubuh dari bahaya radikal bebas.
  11. Membantu pembentukan kecerdasan genetik terutama pada anak-anak. Hal ini disebkan karena kedelai mengandung asam oeleat yang cukup vital.
  12. Membantu melindungi sel otak dari pengaruh buruk alkohol, depresi bahkan narkoba.
  13. Membantu melenyapkan batu empedu.
  14. Sebagai sumber proein.
  15. Sangat baik untuk kesehatan jantung.

Gambar Kacang Kedelai

kedelai..

kedelai..

Tempe kacang kedelai

Tempe kacang kedelai

Kedelai hitam

Kedelai hitam

pohon kacang keledai

pohon kacang keledai

kacang kedelai

kacang kedelai

Nah, sekian pembahasan kami mengenai manfaat kacang kedelai. Semoga dapat memberi manfaat. Kunjungi kami dan anda akan menemukan tips-tips menarik lainnya hanya di manfaat bagus.

Advertisement
tags: , ,