7 Manfaat Daun Seledri

Tuesday, February 18th 2014. | Manfaat Daun, Tanaman Obat
Advertisement

Manfaat daun seledri bagi manusia cukup banyak baik yang bersifat kegunaan keseharian maupun untuk keperluan pengobatan atau bahkan yang bersifat fungsi reaktif dalam tubuh yang diluar kendali kita. Ini semua tidak pernah kita pikirkan bersama, ternyata dari salah tumbuhan yang sering kita jumpai bisa juga memiliki kandungan sebagai obat.

manfaat daun seledri

Daun seledri adalah tumbuhan yang sering digunakan sebagai bumbu masak dan bisa dikategorikan sebagai tumbuhan sayur atau juga sebagai tanaman obat. Di Indonesia cukup banyak kita dapati para petani yang mengembangkan tanaman ini, namun mengenai asalnya diperkirakan bukan dari Indonesia sendiri. Masyarakat Indonesia mengenal tanaman ini karena diperkenalkan oleh penjajah Belanda. Seledri sendiri bisa dikategorikan sebagai tumbuhan terma yang memiliki ketinggian kurang dari satu meter.

Kegunaan dan Manfaat Daun Seledri

1. Sebagai bahan sayuran

Daun seledri biasa digunakan sebagai sayuran, atau lebih tepatnya sebagai bumbu sayuran. Adanya komponen aroma dan rasa yang cukup sedap menjadikan seledri ini bisa memberikan aroma yang nikmat pada masakan.

2. Menigkatkan nafsu makan

Masakan dengan bumbu seledri menjadi lebih nikmat dan ada aroma seperti masakan daging. Hal ini dikarenakan adanya kandungan asam lemak utama atau graveibiosid. Karena itu aromanya akan membangkitkan nafsu makan kita.

3. Menyehatkan pencernaan

Manfaat daun seledri yang ini merupakan resep sejak jaman Yunani dan Romawi. Karena ketika dimakan dengan sayuran menyebabkan nyaman pada perut maka sampai disebut dengan penyejuk perut.

4. Anti Hipertensi

Daun seledri bisa dikonsumsi sebagai obat atau terapi untuk penderita hipertensi atau tekanan darah tinggi. Funsi ini sama denganĀ belimbing wuluh.

5. Anti Reumatik

Manfaat daun seledri untuk penyembuhan reumatik bisa dengan cara penyembuhan dari luar atau diramu dan ditempelkan pada bagian yang sakit.

6. Sebagai Peluruh

Peluruh yang dimaksudkan adalah fungsi deuretika atau mempercepat pembentukan urin sehingga ini memiliki manfaat dalam membersihkan tubuh kita dari zat-zat yang seharusnya segera dibuang melalui urin.

7. Baik bagi pasangan suami istri

Pada fungsi ini tidak perlu dijelaskan lebih rinci, bagi pasangan suami istri maka adakalanya membutuhkan suplemen yang alami dalam kehidupan berumah tangganya, dan ini bisa memanfaatkan seledri. Atau kadang yang diambil manfaatnya tidak pada daunnya saja melainkan pada ubinya.

Selain dari beberapa manfaat diatas, daun seledri memiliki efek lain yang perlu diperhatikan yakni bisa mengurangi produksi air susu ibu (ASI), dan juga bisa menimbulkan alergi bagi yang peka. Demikian beberapa informasi yang kami sajikan terima kasih telah menyimak materi tentang manfaat daun seledri.

Advertisement
tags: ,