7 Manfaat Daun Pepaya untuk Kesehatan

Thursday, February 20th 2014. | Manfaat Daun
Advertisement

Manfaat daun pepaya untuk kesehatan tidaklah diragukan lagi. Ditilik dari rasanya saja yang ada pahitnya sudah menunjukkan adanya unsur semacam obat. Dari segi pemanfaatan sendiri sudah cukup banyak digunakan sebagai sayuran dan banyak masyarakat menyukai ini. Namun tidak cukup sampai di sini saja, terlebih lanjut lagi perlu kita ketahui seberapa besar manfaat secara medisnya.

manfaat daun pepaya

Daun Pepaya adalah daun dari pohon pepaya atau sebuah tumbuhan buah yang diperkirakan berasal dari Meksiko. Adapun buah ini bisa sampai di Indonesia karena dibawa oleh Belanda, sehingga namanya juga mirip dengan bahasa Belanda yang menyebut pepaya ini dengan papaja. Untuk saat ini sudah banyak yang mengembangkan pepaya ini sebagai budidaya secara khusus dan tidak hanya sekedar sampingan saja. Karena memang dari buah pepaya sendiri juga memiliki nilai ekonomi.

Manfaat Daun Pepaya untuk Kesehatan

1. Sebagai Anti Kanker

Manfaat daun pepaya dalam melawan penyakit kanker dikarenakan adanya kandungan white latex atau getah yang berwarna putih pada daun pepaya. Namun demikian tidak perlu takut jika memasaknya akan menghilangkan kandungan ini, tentu saja sedikit atau banyak pasti akan memberikan kebaikan dalam mencegah kanker.

2. Melawan Demam Berdarah

Daun pepaya juga mampu memberikan efek positif bagi penderita demam berdarah. Biasanya penggunaannya dengan cara meminum air rebusannya. Ini seperti manfaat jambu biji merah.

3. Mengurangi Nyeri karena Haid

Bagi kaum hawa yang memiliki kendala nyeri saat datang bulan maka bisa memilih alternatif mengkonsumsi daun pepaya untuk mengurangi rasa nyerinya. Biasanya ada beberapa yang menambahkan asam jawa sebagai campurannya.

4. Obat Cacing

Daun pepaya memiliki kandungan carposide, ini adalah zat yang mampu untuk melawan cacing. Biasanya penyakit cacingan ini banyak terjadi pada anak, karena pola bermain mereka. Namun demikian bisa jadi orang dewasa juga ada yang cacingan, dan daun pepaya bisa dijadikan alternatif pengobatannya.

5. Sumber Tenaga

Manfaat daun pepaya sebagai sumber tenaga ini dikarenakan adanya protein dan kalori dalam daun pepaya. Karenanya ada yang mengkonsumsi daun pepaya saja tanpa nasi maka sudah cukup mengenyangkan dan sudah cukup mensuplay energi.

6. Baik untuk pencernaan

Kandungan daun pepaya yang mampu memberikan efek positif bagi pencernaan adalah karpain. Fungsi dari karpain adalah untuk membunuh mikroorganisme jahat yang bisa mengganggu pencernaan.

7. Anti Jerawat

Bagi yang ingin merawat wajah dengan yang alami bisa mengolah daun pepaya menjadi masker. Walaupun cara seperti ini sudah dianggap kurang praktis, tapi sebenarnya yang alami akan aman dalam jangka panjangnya. Karena kosmetik saat ini sudah banyak yang mengandung bahan kimia berbahaya. Cara pembuatannya bisa dikeringkan dahulu daunnya baru dilumatkan dan dicampur air untuk dijadikan masker. Atau juga bisa dioeh dengan cara masing-masing, karena yang alami minim sekali dampak negatifnya.

Beberapa yang kita bahas diatas belumlah semuanya akan tetapi sudah cukup membuktikan kegunaan dan menjadi semangat dalam mengkonsumsi daun pepaya. Sekian dari kami dan terima kasih telah mengunjungi pembahasan kami tentang manfaat daun pepaya untuk kesehatan.

Advertisement
tags: , , ,