Manfaat Daun Kumis Kucing Untuk Asam Urat

Friday, March 13th 2015. | Manfaat Daun
Advertisement

Manfaat Daun Kumis Kucing Untuk Asam Urat - Kumis Kucing (Orthosiphon Aristatus) telah dipercaya turun-temurun oleh msyarakat Indonesia dapat mengobati berbagai penyakit, salah satunya adalah asam urat. Sangat mudah mengenali tanaman ini, hanya dengan melihat bunga kumis kucing yang menyerupai kumis seekor kucing.

Tanaman kumis kucing merupakan tanaman yang berasal dari daerah Afrika tropis, dan menyebar ke Asia hingga ke Australia. Tanaman ini sangat membutuhkan asupan sinar matahari secara penuh, sehingga jika diletakkan pada ruangan atau di bawah atap dapat mengurangi kadar ekstrak pada daun. Oleh karena itu apabila Anda menginginkan tanaman kumis kucing sebagai tanaman obat, maka sebaiknya Anda meletakkan di tempat yang terkena sinar matahari secara langsung.

Manfaat Daun Kumis Kucing Untuk Asam Urat

kunis kucing

tanaman kumis kucing

Sebagai tanaman obat Anda harus mengenali ciri-ciri daun kumis kucing yang tepat agar tidak salah dalam membuat racikan. Ciri-cirinya di antara lain bentuk helai daunnya bundar atau lonjong, lanset, bundar telur atau belah ketupat dari pangkalnya. Ukuran daun antara 1 hingga 10 cm. Lebar daun antara 0,75 hingga 1,5 cm. Untuk dijadikan sebagai obat, maka pilihlah daun urutan ke tiga setelah pucuk samai urutan ke tujuh. Karena semua zat yang diperlukan telah terbentuk pada urutan tersebut.
Pada ketinggian antara 500 hingga 1.200 meter di atas permukaan laut, tanaman kumis kucing ini dapat tumbuh dengan baik. Apalagi tanaman ini juga dapat tumbuh pada suhu yang sedang hingga  panas. Di berbagai daerah tanaman memiliki nama yang berbeda-beda, seperti di Inggris di kenal sebagai Kidney Tea atau Java Tea, di Sumatera dikenal sebagai Giri-giri Marah, di daerah Sunda dikenal sebagai Kumis Kucing, di Jawa dikenal dengan nama Remujung, dan di Madura dikenal dengan nama Songkot Koceng.

Masyarakat Indonesia lebih sering menggunakan tanaman ini sebagai bahan untuk terapi pengobatan herbal. Baik dalam kondisi basah atau sudah dikeringkan manfaat daun kumis kucing dapat disesuaikan dengan kebutuhan.

Manfaat daun kumis kucing yang telah dikeringkan telah di kenal sejak lama dikenal masyarakat di berbagai penjuru. Masyarakat Indonesia  telah mengenal manfaat daun kumis kucing sebagai peluruh air kemih (diuretik) dan di masyarakat India dipergunakan sebagai obat rematik. Sifat diuretik tanaman ini juga dapat berguna untuk membantu tubuh membuang kelebihan asam urat lewat urin.

Secara empirispun manfaat daun kumis kucing telah dikenal sebagai obat batuk, encok, masuk angin dan masalah konstipasi. Selain itu juga dapat dijadikan obat untuk menyembuhkan radang ginjal, batu ginjal, sipilis, albuminuria, kencing manis, rematik, dan menurunkan kadar gula dalam darah. Manfaat daun kumis kucing pada penggunaan luar dapat membantu menghilangkan rasa gatal akibat alergi karena sifat anti alergi dari sistein pada daun kumis kucing.

Manfaat daun kumis kucing sebagai tumbuhan obat tak lepas dari kandungan senyawa seperti glikosida orthosiphonin, zat samak, saponin, dan kandungan mineral seperti kalium, mionositol, sapofonin, dan sinensetin. Banyaknya kandungan tersebut membuat masyarakat tidak ragu dalam mengonsumsi buah ini sebagai obat dalam.

Nah, agar manfaat daun kumis kucing lebih berkhasiat Anda dapat membuat ramuan dari daun kumis kucing, tentu dengan racikan yang tepat. Karena membuat racikan obat berbahan dasar daun kumis kucing ini tidaklah sulit. Agar lebih mudah, Anda dapat menyimak ulasan berikut.
Cara Membuat Ramuan Daun Kumis Kucing sebagai obat Asam Urat
Dalam ramuan daun kumis kucing disini dimaksudkan dapat meluruhkan kandungan purin di dalam urin. Berikut ini adalah racikan dalam membuat ramuan daun kumis kucing sebagai obat asam urat:
Siapkan:
1. 10 gram daun Kumis Kucing yang telah dikeringkan atau 20 gram daun yang masih basah (baru dipetik) yang dicuci bersih.
2. 10 gram Meniran kering atau 20 gram basah
3. 10 gram Sawi Tanah kering atau 20 gram basah
4. 15 gram Jahe Merah kering atau 30 gram basah
5. 10 gram Kapulaga kering.
Cara Meramu:
Memarkan Jahe Merah dan campurkan dengan semua bahan, rebus dalam satu liter air hingga tersisa setengahnya. Minum pagi, siang dan sore hari dengan ukuran tiga per empat gelas (150 ml) atau minum dua kali sehari masing-masing 200 ml.
Nah, bagaimana mudah bukan. Maka Anda akan terbebas dari masalah asam urat dengan membuat ramuan daun kumis kucing, dan mengkonsumsinya secara teratur. Sehingga Anda akan mendapatkan manfaat daun kumis kucing untuk asam urat yang mengganggu.
Advertisement
tags: