Manfaat Buah Mengkudu untuk Kesehatan

Friday, March 14th 2014. | Manfaat Buah
Advertisement

Manfaat Buah Mengkudu - Mengkudu adalah salah satu buah yang hidup di daerah tropis dan subtropis yang tergolong keluarga rubiaceae. Pohon dari tumbuhan ini mampu tumbuh di dataran rendah sampai pada ketinggian kurang dari 1500 meter diatas permukaan laut. Buah yang memiliki warna hijau dan berbintik-bintik ini sangat mudah untuk tumbuh di Indonesia. Walau sekarang mungkin bisa dikatakan jarang dijumpai di kebanyakan tempat. Kalau untuk jaman dulu cukup banyak didapati di sekitar rumah warga atau kebun. Namun demikian tidak perlu kuatir karena tetap ada yang membudidayakan tanaman yang mengandung banyak obat ini.

manfaat buah mengkudu

Buah Mengkudu diperkirakan berasal dari daerah di Samudera Pasifik. Bangsa Polinesia lah yang dianggap sebagai penemunya karena pengembaraannya. Buah Mengkudu ini memang tidak bisa dikonsumsi secara langsung karena rasanya memang tidak enak untuk konsumsi langsung. Sehingga memang perlu ada perlakuan sebelum mengambil manfaatnya atau sebelum dikonsumsi. Dan proses ini bisa dilakukan dengan cara tradisional maupun dikembangkan oleh pabrik.

Kandungan Buah Mengkudu dan Manfaatnya

Kandungan buah mengkudu cukuplah banyak diantaranya asam kaprat, asam kaproat, asam kaprilat. Selain itu juga banyak mengandung nutrisi, terpenoid, scolopetin, xeronine, dan proseronine. Adapun manfaat buah mengkudu diantaranya sebagai berikut :

1. Anti Bakteri

Dalam kandungan buah mengkudu terdapat banyak mengandung unsur anti bakteri. Bahkan bisa mematikan beberapa bakteri berbahaya.

2. Anti Kanker

Manfaat buah mengkudu yang ini dikarenakan adanya banyak kandungan antioksidan. Selain itu kandungan anti kanker yang terdapat pada buah mengkudu merupakan zat yang paling aktif dalam melawan kanker.

3. Mengatasi Diabetes

Buah mengkudu bisa juga digunakan sebagai obat tradisional dalam mengatasi diabetes. Sedangkan cara konsumsinya saat ini telah banyak yang berbentuk siap konsumsi.

4. Memperbaiki sistem sel tubuh

Kandungan xeronine dan proxeronine lah yang memiliki fungsi untuk memperbaiki dan menghidupkan kembali protein-protein yang tidak aktif. Sehingga akhirnya mampu memperbaiki struktur dan bentuk sel.

5. Mengatasi demam dan masuk angin

Biasanya untuk meramunya membutuhkan kandungan lain juga untuk dicampurkan dengan mengkudu. Biasanya yang digunakan adalah jahe, dan juga kencur. Dengan cara direbus nantinya diambil air seduhannya maka bisa dimanfaatkan sebagai obat demam dan masuk angin.

Demikian pembahasan kali ini dari kami, atas kami sampaikan terima kasih atas kunjungannya ke pembahasan mengenai manfaat buah mengkudu.

Advertisement
tags: , , , , ,