Manfaat Buah Kersen

Wednesday, April 26th 2017. | Manfaat Buah
Advertisement

Manfaat Buah Kersen – Kersen adalah salah satu pohon perdu dengan buah kecil berwarna merah saat masak. Tinggi pohon kersen biasanya sampai 12 meter. Pohon ini bisa tumbuh dengan cepat dan rindang. Banyak orang menggunakannya sebagai perindang. Terutama jika berupa lahan rumah baru yang belum ada pohonnya biasanya untuk memperoleh pohon yang rindang dan cepat maka bisa mananam pohon kersen ini. Hanya saja karena daunnya yang kecil-kecil dan banyak biasanya membuah tempat sekitanya cepat kotor dengan guguran daunnya.

Manfaat Buah Kersen

manfaat buah kersen Buah kersen dikenal juga dengan nama buah talok atau buah ceri. Kandungan buah kersen atau buah talok ini diantaranya adalah air, protein, lemak, karbohidrat, serat, abu, kalsium, fosfor, besi, karoten, tianin, ribofalin, niacin, vitamin C. Kandungan ini memang mirip dengan berbagai kandungan buah-buahan pada umumnya. Sehingga manfaat buah kersen juga hampir mirip dengan beberapa buah lainnya.

Buah Kersen sebagai Sumber Energi

Meskipun buahnya kecil tetapi buah kersen juga memiliki kandungan energi. Kandungan energi buah kersen setara dengan 380 KJ/100 gram. Jadi dengan mengkonsumsi buah kersen maka akan menghasilkan energi. Walapun ini juga dipengaruhi oleh kebiasaan. Orang Indonesia sudah terbiasa makan makanan berkarbohidrat tinggi, biasanya kalau belum makan nasi maka seolah belum bisa mengobati loyo karena laparnya.

Manfaat Buah Kersen untuk Asam Urat

Sudah cukup lama kebanyakan masyarakat di Indonesia mengambil manfaat buah kersen untuk mengobati asam urat. Penyakit asam urat adalah penyakir dengan gejala nyeri dan ada pembekakan yang terjadi pada persendian. Terkadang ada efek rasa panas juga pada persendian tersebut. Makan buah kersen juga cukup nikmat karena rasanya yang manis, jadi untuk ukuran sebuah obat terapi, maka ini adalah obat yang enak.

Manfaat Buah Kersen untuk Kesehatan

Kandungan buah kersen yang banyak mineral vitamin maka memiliki banyak manfaat untuk menjaga kesehatan. Dengan kandungan vitamin C maka bisa mencegah dari penyakit sariawan. Fosfor dan besi juga memberikan sumber mineral yang baik pada tubuh manusia. Kandungan seratnya juga bisa menjaga agar pencernaan tetap terjaga dengan baik.

Demikian banyak sekali manfaat dari mengkonsumsi buah kersen. Secara umum efek samping dari buah kersen sangatlah minimal. Karenanya konsumsi buah ini tidak ada kekhawatiran. Untuk pembahasan kali ini sudah cukup, semoga bermanfaat dan terima kasih berkunjung pada pembahasan manfaat buah kersen.

Advertisement