Manfaat Bayam untuk Kesehatan

Wednesday, March 12th 2014. | Manfaat Daun, Manfaat Sayuran
Advertisement

Manfaat Bayam untuk KesehatanBayam adalah sejenis tumbuhan yang dibudidayakan dan diambil daunnya sebagai sayuran. Bayam ini sering dikenal dengan kandungan zat besi di dalamnya. Dan memang kebanyakan dari sayuran berwarna hijau banyak mengandung zat besi ini, sebagaimana beberapa sayuran hijau lainnya seperti daun singkong.

manfaat bayam

Bayam sendiri banyak sekali dibudidayakan di daerah Asia, termasuk Indonesia. Bahkan di Indonesia sendiri bayam merupakan salah satu menu favorit untuk sayur. Sebenarnya bayam ini berasal dari Amerika yang memiliki suhu tropis. Dalam bahasa Inggris disebut dengan Chinese Amaranth. Sedangkan dalam film Popeye yang sering disebut spinach sebenarnya bukanlah bayam yang sering kita jumpai melainkan sejenis tanaman lain yang dalam bahasa Jepang disebut dengan Horenso, dan sekali lagi ini bukanlah bayam seperti di Indonesia.

Manfaat dan Kandungan Bayam

Kandungan bayam cukuplah banyak dari zat besi yang telah kita bahas diatas, kemudian ada energi, protein, lemak, karbohidrat, serat, kalsium, fosfor, besi, vitamin A, vitamin B1, vitamin C, dan juga air. Dari kandungan ini sudah bisa kita tebak banyaknya manfaat bayam ini. Namun kita bahas saja beberapa yang utama diantaranya.

1. Memperkuat Tulang

Ini jelas manfaat dari zat besi dalam bayam. Selain memperkuat juga ada fungsi untuk mencegah terjadinya osteoporosis. Adapun cara konsumsinya bisa dengan cara masing-masing, yang paling mudah dimakan saja sebagai sayur.

2. Sebagai Anti Kanker

Manfaat bayam yang ini ditopang kandungan vitamin A dan C, juga serat yang dikandungnya. Dengan mengkonsumsinya maka bisa menurunkan resiko untuk beberapa kanker seperti kanker payudara, kanker rahim, kanker kulit, kanker prostat, dan lain sebagainya.

3. Mengurangi resiko penyakit jantung

Bayam merupakan sumber asam folat, dan ini memiliki kontradiksi dengan keberadaan homositein dalam tubuh. Homosistein inilah salah satu pemicu penyakit jantung yang bisa dilawan oleh asam folat dari bayam.

4. Anti Diabetes

Kandungan bayam berupa magnesium memiliki fungsi dalam melawan penyakit diabetes ini.

5. Melawan Anemia

Manfaat bayam yang ini juga dipicu kandungan zat besi. Zat besi mampu memicu terjadinya regenerasi sel darah merah sehingga bisa menurunkan resiko terjadinya anemia.

Demikian beberapa dari manfaat bayam yang sudah kita bahas, dan kami sampaikan terima kasih atas kunjungannya dalam pembahasan manfaat bayam.

Advertisement
tags: , , , ,