Manfaat Air Kelapa sebagai Minuman Pengganti Cairan Elektrolit Tubuh

Tuesday, November 25th 2014. | Manfaat Buah
Advertisement

Manfaat Air Kelapa sebagai Minuman Pengganti Cairan Elektrolit Tubuh

kelapa muda atau degan

kelapa muda atau degan

Pemanfaatan air kelapa, terutama air kelapa muda, tentulah sudah tidak asing lagi. Cairan yang relatif jernih, ringan dan menyegarkan, yang diambil dari dalam buah kelapa ini, telah lama dikonsumsi penduduk di negara-negara tropis karena ketersediaannya, tradisi budaya, dan keyakinan tentang manfaat kesehatan. Penduduk kepulauan Hawaii bahkan menjuluki air kelapa ini sebagai “noelani”, embun dari surga.Manfaat Kelapa - kelapa muda

Dengan trend budaya gaya hidup sehat, yang di antaranya diisi dengan jargon olahraga yang cukup dan teratur, serta konsumsi asupan yang alami, tentu saja logis jika air kelapa dalam beberapa tahun terakhir ini sering dipromosikan sebagai minuman isotonik, sebagai pengganti cairan sekaligus elektrolit tubuh yang hilang setelah aktivitas olahraga.

Air kelapa adalah sumber elektrolit alami, mengandung beberapa vitamin, mineral (terutama kalium, magnesium, natrium dan fosfor), asam amino, antioksidan, fitonutrien, dan rendah gula tapi rasanya sangat manis dan menyegarkan. Air kelapa juga memiliki efek alkalizing pada tubuh, yang dapat membantu memperbaiki akumulasi efek makanan yang dioksidasi, yang marak pada pola diet masa kini.

Dengan sifat-sifat dan kandungan nutrisi tersebut, sekilas tampak bahwa air kelapa ini sangat sesuai digunakan sebagai minuman penyerta saat berolahraga atau kala beraktivitas berat.Manfaat Kelapa

Tetapi tentu saja, sama dengan hal lain, penggunaan air kelapa sebagai minuman olahraga ini, seharusnya disesuaikan dengan olahraga dan aktivitas yang dilakukan. Penggunaan air kelapa sangat sesuai untuk olahraga dan aktivitas fisik yang ringan sampai sedang, dengan kondisi cuaca normal. Atau dalam kondisi di mana Anda menginginkan pemangkasan jumlah kalori pada minuman penyegar Anda. Namun untuk jenis olahraga dan aktivitas yang berat dan cenderung intensif, atau dalam kondisi cuaca yang panas, air kelapa kurang dalam menyediakan dua komponen yang justru sangat dibutuhkan tubuh saat itu. Yaitu elektrolit tubuh yang utama, natrium, dan karbohidrat sebagai pemasok energi utama bagi tubuh.

Mudahnya, jika Anda melakukan olahraga sebagai sarana rekreasi dan penyegaran, bukan dalam status profesional, misal lari dengan durasi antara 30 sampai 60 menit, maka air kelapa sangat dapat dipertimbangkan sebagai minuman penyegar.

Tetapi jika Anda adalah atlet profesional yang berolahraga keras selama lebih dari tiga jam di cuaca panas dan kehilangan banyak cairan tubuh, maka Anda membutuhkan makanan atau minuman dengan asupan karbohidrat sederhana dan konsentrasi elektrolit, termasuk natrium dan kalium, yang lebih besar. Kombinasi pisang atau kismis, dengan minuman olahraga yang diformulasi khusus untuk atlet, pasti akan lebih sesuai.

Demikian paparan mengenai berbagai pemanfaatan air kelapa sebagai minuman pengganti cairan elektrolit tubuh, silakan temukan penjelasan berbagai hal yang bermanfaat, hanya di manfaat bagus, terimakasih.

Advertisement
tags: , ,