Kandungan Nutrisi dan Manfaat Buah Pepaya

Monday, November 24th 2014. | Manfaat Buah
Advertisement

Christopher Columbus, konon, menyebut pepaya sebagai “Buah Malaikat” karena disukai semua orang dan cukup terkenal akan rasa lezat dan tekstur daging buahnya yang lembut, serta manfaat kesehatan. Baiknya lagi, sebagai buah yang sangat ‘merakyat’, pepaya tersedia sepanjang tahun.

Manfaat Pepaya

Manfaat Pepaya

Kandungan lemak dan kolesterol pada buah pepaya sangat rendah, namun kaya dengan beragam nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh setiap hari. Pepaya utamanya mengandung karbohidrat, serat, serta air. Pepaya mengandung beberapa vitamin B kompleks dalam jumlah yang baik, seperti folat, Niacin, Pantothenic acid, Pyridoxine, Riboflavin serta Thiamin. Vitamin penting lain yang bisa diperoleh dari pepaya adalah Vitamin A , Vitamin C , Vitamin E , dan Vitamin K.

Tidak cuma itu, pepaya juga mengandung elektrolit dengan jumlah yang cukup baik, yaitu kalium serta beberapa mineral penting seperti kalsium, zat besi, magnesium, fosfor, dan zinc. Fitonutrisi penting yang ditemukan dalam pepaya yaitu betakaroten, Beta Crypto-xanthin dan Lutein-zeaxanthin.

Sifat pepaya yang mempunyai kandungan kalori yang rendah dengan nilai gizi tinggi, sangat ideal sebagai pelengkap diet jika Anda ingin menurunkan berat badan.

Pepaya adalah buah yang kaya akan serat dan mampu menurunkan kadar kolesterol. Dalam pepaya mengandung enzim yang membantu mencegah serangan jantung. Antioksidan dalam pepaya membantu dalam mengendalikan penuaan dini.

Pepaya membantu mencegah sembelit dan membantu sistem pencernaan secara alami. Jus pepaya membantu dalam menyembuhkan infeksi usus besar dengan membersihkan nanah dan lendir dari usus. Minum jus pepaya secara teratur akan membantu mempercepat kesembuhan.

Pepaya mengandung enzim anti-inflamasi (di antaranya papain dan chymopapain) yang dapat menghilangkan rasa sakit bagi yang menderita arthritis, osteoporosis, dan edema. Kandungan antioksidan betakaroten yang memiliki sifat antikanker, juga membantu mencegah kanker.

Untuk wanita hamil, mengkonsumsi sepotong pepaya secara teratur membantu menyembuhkan mual dan morning sickness.

Namun harus hati-hati dalam mengkonsumsi buah yang belum matang, karena kemungkinan masih mengandung cairan getah, yang dapat menyebabkan iritasi dan memicu alergi pada beberapa orang. Terdapat spekulasi bahwa konsentrasi getah pepaya mentah menyebabkan kontraksi rahim, yang dapat menyebabkan keguguran.

Manfaat Pepaya - pepaya mentah

pepaya mentah

Pada sisi lain, pepaya mentah membantu dalam mengendalikan ketidakteraturan menstruasi pada wanita. Juga membantu meringankan kram perut dan melancarkan menstruasi.

Tumbukan daging buahnya juga sangat bagus bagi kesehatan kulit wajah karena membantu membuka pori-pori yang tersumbat dan dapat menghilangkan jerawat. Bahkan dapat pula digunakan untuk penyembuhan luka dan mencegah infeksi daerah terbakar.

Sekian pembahasan kami mengenai nutrisi dan manfaat buah pepaya. Semoga dapat memberikan inspirasi untuk hidup sehat dengan alami. Terimakasih kunjungannya dan temukan pula rahasia menarik lainnya dalam manfaat bagus.

Advertisement
tags: , ,