Kacang Hijau dan Beberapa Manfaatnya

Sunday, December 28th 2014. | Manfaat Kacang
Advertisement

Manfaat kacang hijau (Vigna Radiata) bagi tubuh manusia, tentu sudah bisa diduga oleh orang yang familiar dengannya. Biji dari tanaman polong-polongan – Legume, yang dalam literatur Bahasa Inggris dikenal sebagai mung bean atau green gram ini, dikenal dengan kandungan proteinnya yang tinggi. Namun, sebenarnya, apa sajakah kandungan dari bulir kacang berwarna hijau ini?

Manfaat Kacang Hijau

Kacang hijau, dari penelitian mengenai nutrisinya, dalam kondisi mentah, mengandung vitamin A, B, C dan E. Sejumlah mineral penting yang dibutuhkan tubuh manusia juga terdapat dalam kacang hijau, antara lain kalsium, besi, magnesium dan kalium. Kacang hijau juga tinggi kandungan seratnya, yang diimbangi pula dengan sejumlah besar protein (sekitar 20%). Untuk mendapatkan manfaat terbaik dari kacang hijau, sebaiknya kacang hijau tidak dimasak terlalu matang, karena panas akan mengurangi kualitas kandungan gizi di dalamnya.

Lantas, apa saja manfaat dari meng-konsumsi kacang hijau? Manfaat kacang hijau, antara lain :

  1. Untuk ibu hamil, sangat disarankan untuk mengkonsumsi kacang hijau, maupun air rebusan kacang hijau, karena mengandung Vitamin B1, B2, asam folat, karbohidrat, lemak tak jenuh, kalsium, fosfor dan protein.
  2. Mencegah beberapa gangguan pada jantung. Dalam studi yang dipublikasikan dalam jurnal Human and Experimental Toxicology, para ilmuwan menemukan bahwa kacang hijau sangat efektif menghambat oksidasi LDL (Low Density Lipid) karena potensinya untuk membersihkan radikal bebas dari tubuh. Kekurangan akan unsur mineral magnesium, yang mana merupakan salah satu kandungan kacang hijau, diyakini meningkatkan kemungkinan kematian akibat gangguan fungsi jantung, sampai 51%.
  3. Mengendalikan diabetes. Kacang hijau merupakan jenis makanan dengan angka indeks glikemik rendah, sangat ideal untuk penderita diabetes tipe II, di mana peningkatan gula darah setelah konsumsi (after meal – postprandial) terjadi secara lambat. Hal ini untuk mencegah terjadinya lonjakan yang berbahaya pada gula darah dan insulin, yang mana lonjakan yang terlalu cepat akan mengganggu kesehatan pembuluh darah serta meningkatkan penyakit kardiovaskular.
  4. Efek anti kanker. Sebuah studi baru-baru ini dilaporkan dalam jurnal BMC Complementary and Alternative Medicine menunjukkan bahwa kacang hijau menekan pertumbuhan kanker hati pada manusia, dan kanker serviks, melalui beberapa mekanisme, termasuk sitotoksisitas, merangsang sitokin anti-kanker, menghentikan siklus sel kanker, dan memicu apoptosis.
  5. Mencegah obesitas. Kacang hijau adalah salah satu makanan diet yang efektif untuk memerangi obesitas dan menurunkan berat badan (melangsingkan), disebabkan oleh rasio protein dan seratnya yang seimbang.

Manfaat Kacang Hijau

Manfaat Kacang Hijau

Dalam artikel singkat ini, belum akan dibahas mengenai manfaat konsumsi kecambah kacang hijau, yang merupakan pemanfaatan terbaik dalam meng-konsumsi kacang hijau.

Jadi, tunggu apa lagi? Segera konsumsi bubur kacang hijau, atau penganan lain yang berbahan dasar kacang hijau, dan nikmati manfaat kacang hijau untuk kesehatan tubuh Anda.

Advertisement
tags: ,